Langsung ke konten utama

Pelajaran Sinematografi Film dan Fotografi


 Apakah Sinematografi?
Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita).

Sinematografi memiliki objek yang sama dengan fotografi yakni menangkap pantulan cahaya yang mengenai benda. Karena, objeknya sama maka peralatannya pun mirip. Perbedaannya, peralatan fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi menangkap rangkaian gambar.



Penyampaian ide pada fotografi memanfaatkan gambar tunggal, sedangkan pada sinematografi memanfaatkan rangkaian gambar. Jadi sinematografi adalah gabungan antara fotografi dengan teknik perangkaian gambar atau dalam sinematografi disebut montase (montage).


Pengertian Film

Film adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie. Film, secara kolektif, sering disebut sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak. Film juga sebenarnya merupakan lapisan-lapisan cairan selulosa, biasa di kenal di dunia para sineas sebagai seluloid.

Pengertian secara harafiah film (sinema) adalah Cinemathographie yang berasal dari Cinema + tho = phytos (cahaya) + graphie = grahp (tulisan = gambar = citra), jadi pengertiannya adalah melukis gerak dengan cahaya. Agar kita dapat melukis gerak dengan cahaya, kita harus menggunakan alat khusus, yang biasa kita sebut dengan kamera.

Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera, dan/atau oleh animasi. Kamera film menggunakan pita seluloid (atau sejenisnya, sesuai perkembangan teknologi). Butiran silver halida yang menempel pada pita ini sangat sensitif terhadap cahaya.

Saat proses cuci film, silver halida yang telah terekspos cahaya dengan ukuran yang tepat akan menghitam, sedangkan yang kurang atau sama sekali tidak terekspos akan tanggal dan larut bersama cairan pengembang (developer).

Definisi Film Menurut UU 8/1992, adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya.

Bentuk seperti itu bisa dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem Proyeksi mekanik, eletronik, dan/atau lainnya.

Istilah film pada mulanya mengacu pada suatu media sejenis plastik yang dilapisi dengan zat peka cahaya. Media peka cahaya ini sering disebut selluloid. Dalam bidang fotografi film ini menjadi media yang dominan digunakan untuk menyimpan pantulan cahaya yang tertangkap lensa.


Pada generasi berikutnya fotografi bergeser padapenggunaan media digital elektronik sebagai penyimpan gambar.

Dalam bidang sinematografi perihal media penyimpan ini telah mengalami perkembangan yang pesat.
Berturut-turut dikenal media penyimpan selluloid (film), pita analog, dan yang terakhir media digital (pita, cakram, memori chip). Bertolak dari pengertian ini maka film pada awalnya adalah karya sinematografi yang memanfaatkan media selluloid sebagai penyimpannya.


Sejalan dengan perkembangan media penyimpan dalam bidang sinematografi, maka pengertian film telah bergeser. Sebuah film cerita dapat diproduksi tanpa menggunakan selluloid (media film). Bahkan saat ini sudah semakin sedikit film yang menggunakan media selluloid pada tahap pengambilan gambar.
Pada tahap pasca produksi gambar yang telah diedit dari media analog maupun digital dapat disimpan pada media yang fleksibel. Hasil akhir karya sinematografi dapat disimpan Pada media selluloid, analog maupun digital.

sumber:
Sritopia, video.quipper

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungi Kami

Hubungi Kami: PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)  GESIT - Wong sing Gesit Education Center - Tangsel  Community Learning Center
- Gesit Cyber School





ALAMAT:

Gesit Cyber School, Menara 165 Lt.4 Jln TB Simatupang Kav1. Cilandak Jakarta Selatan PKBM Gesit 1- Perumahan Griya Jakarta Jl. Menteng Raya Blok B2 no 19 Pamulang Tangerang SelatanPKBM Gesit Zamrud:  Alamat: Jl. Elang IV No.61, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 Telepon: 0838-1396-0556
Website: http://wongsinggesit.blogspot.co.id/ https://sekolah-paket-abc-pkbm.blogspot.co.idhttps://pkbmgesit.blogspot.co.id/
Untuk Info dan Pendaftaran Call/SMS/WhatsApp: 
083813960556


PETA LOKASI PKBM GESIT TANGSEL:

Kursus Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School Tangsel

Apa yang di pelajari di kelas Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School?

Sinematografi adalah keterampilan dan Seni

Sinematografi sebuah keterampilan yang membutuhkan waktu sepanjang hayat  untuk untuk dikuasai dan . sinematografi adalah keterampilan yang terus  berubah dan berkembang sesuai perkembangan jaman.


 Perubahan didorong oleh produk baru, teknologi baru, dengan  mempraktikkan keterampilan. Seperti semua keterampilan dan keahlian  ada fakta dan formula; "ilmu" untuk belajar. Dan ada "seni", sesuatu yang menyenangkan dan  membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar.
Kursus ini dirancang untuk mengeksplorasi kemampuan siswa dalam hal estetika, teknik, dan teknologi sinematografi dan bagaimana praktek nya di industri televisi dan film. 

Beberapa topik studi akan mencakup:
 (1) gaya dan tampilan karya kamera hadir di film dan televisi
(2) gaya, estetika, dan teknik beberapa genre dan karakteristik pembeda mereka
(3) komposisi, gerakan, dan pembingkaian
(4) kam…

Bimtek Akreditasi Online dan Peningkatan Sarana PKBM PAUD DIkmas Tangsel

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Tangerang Selatan tahun 2019  mengundang  kurang lebih 150 lembaga PAUD PKBM dan LPK hadir dalam  Bimbingan teknis (Bimtek)  hari Rabu, 14 Februari 2018 jam 08;00 sd jam 16:00 di gedung DRN gedung 123 Puspitek Serpong



Bimtek dilaksanakan sehubungan dengan akan dilaksanakannya program kegiatan peningkatan sarana dan Prasarana PAUD dan Pendidikan non formal  sub kegiatan Bimtek akreditasi lembaga formal dan Non formal kota Tangerang selatan.



Dalam acara tersebut juga di hadiri pengawas TK dan Penilik,  pejabat Badan Akreditasi Povinsi (BAP) PAUD PNF Banten, serta hadir 18 orang  asesor yang berasal dari kota tangerang Selatan




     PEMANFAATAN DAPODIK PADA SISTEM PENILAIAN AKREDITAS (SISPENA)

  Video Tutorial Sispena PAUD dan PNF