Langsung ke konten utama

Tutorial Online PKBM Gesit Cyberschool Tangsel





Tutorial Online PKBM Gesit Cyberschool























Apa beda pembelajaran tatap muka dan pembelajaran tutorial ?

Seperti yang diatur dalam standar proses pendidikan kesetaraan,  Perbedaan pokok adalah pada fokus belajar, pembelajaran tatap muka berorientasi pada penyampaian materi sedangkan pembelajaran tutorial berorientasi pada pembahasan materi yang sulit.

Perbedaannya adalah  dalam pembelajaran tatap muka seperti guru sekolah mengajar
 sedangkan tutor dalam pembelajaran tutorial seperti guru bimbingan belajar/les. Prinsip pokok tutorial adalah ‘’kemandirian warga belajar’’ (student’s independency).


 Bagaimanakah bentuk pembelajaran tutorial yang sesungguhnya di pendidikan kesetaraan (PKBM) ?
 Secara umum pembelajaran tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada warga belajar (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri warga belajar secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. tutorial merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri warga belajar dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak pembelajar/tutor.


 Pembelajaran tutorial dapat dilaksanakan secara tatap muka atau secara jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri. Konsep belajar mandiri dalam tutorial dibedakan dengan bentuk pembelajaran mandiri sebagaimana diatur dalam standar isi dan standar proses program pendidikan kesetaraan. 

 Berdasarkan standar proses pendidikan kesetaraan pembelajaran tutorial adalah berbasis menyelesaian masalah-masalah yang sulit, atau lebih praktis lagi pembelajaran tutorial berbentuk latihan soal atau drill soal. Tutorial disediakan bagi warga belajar yang membutuhkan bimbingan untuk pencapaian kompetensi tertentu atau bimbingan lain yang menunjang pencapaian kompetensi, termasuk praktek keterampilan.



Peran utama tutor dalam tutorial adalah 

  1. Pemicu dan pemacu kemandirian belajar warga belajar, berpikir dan berdiskusi; 
  2. Pembimbing, fasilitator, dan mediator warga belajar dalam membangun pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan akademik dan profesional secara mandiri, dan/atau dalam menghadapi atau memecahkan masalah-masalah dalam belajar mandirinya; 
  3. Memberikan bimbingan dan panduan agar warga belajar secara mandiri memahami mata pelajaran; 
  4. Memberikan umpan balik kepada warga belajar secara tatap muka atau melalui alat komunikasi; memberikan dukungan dan bimbingan, termasuk memotivasi dan membantu warga belajar mengembangkan keterampilan belajarnya

Ada empat modus tutorial, yakni: 
  1. tutorial tatap muka (TTM);
  2.  tutorial tertulis (tutis) lewat surat-menyurat/krespondensi; 
  3. tutorial elektorik (tutel) lewat televisi, radio, media massa, dan internet; dan
  4.  tutorial online (tuton) lewat internet. Dalam konteks pembelajaran pendidikan kesetaraan, modus tutorial biasanya berbentuk tutorial tatap muka. Artinya tutorial dilaksanakan secara dengan bertatap-muka antar warga belajar bersama dengan tutor. Dengan demikian pembelajaran tutorial juga terjadwal sebagaimana pembelajaran tatap muka, karena pelaksanaan tutorial tatap muka juga menuntut kehadiran warga belajar di tempat pembelajaran.

Pembelajaran tutorial dapat berbentuk online, selama menggunakan daring sinkronus. Artinya antara tutor dan warga belajar dapat berinteraksi langsung (online) pada saat itu juga. 
Pembelajaran Tutorial PKBM Gesit Tangsel dengan sistem Online


Dalam hal ini tutor dapat mencatat kehadiran warga belajar dengan mengetahui notifikasi bahwa warga belajar sedang online mengikuti pembelajaran tutorial. Interaksi yang terjadi bisa menggunakan teleconference atau chatting.

Pembelajaran tutorial dapat dilaksanakan secara klasikal atau dibagi dalam kelompok.






Referensi : http://fauziep.com/mengemas-pembelajaran-tutorial-pada-pendidikan-kesetaraan/

Postingan populer dari blog ini

Sekolah Paket untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya

Telah di buka kelas baru untuk Kelompok belajar Sekolah Paket untuk Area Tangerang Selatan Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya.

SEKOLAH KESETARAAN
MENERIMA PENDAFTARAN SISWA BARU ( PERSIAPAN UJIAN )
PAKET A ( SETARA SD ) - PAKET B ( SETARA SMP ) - PAKET C ( SETARA SMU )

Telah dibuka Kelompok Belajar Sekolah Paket ABC
 untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnya.

Untuk calon siswa siswi yang berada di daerah tangerang selatan dan sekitarnya seperti Ciputat, sawah baru, jombang, sarua, Pondok ranji, rempoa, pisangan, cirendeu, cempaka putih,  pamulang, benda, pondok cabe, kedaung, pondok aren, pondok betung, jurang mangu, pondok kacang barat, pondok kacang timur, perigi lama, perigi baru, pondok pucung, serpong, bsd, ciater, cilenggang, rawa buntu, lengkong, aeon, mall alam sutera, living world, teras kota, eka hospital, giriloka, pondok jagung, paku jaya, pakulonan,  setu, muncul, ciseeng, gunung putri, parung, muncul, kabupaten bo…

Kisi kisi UN Paket B dan Paket C 2019

Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya …

PENDAFTARAN SEKOLAH KEJAR PAKET C (SMA IPA/IPS)

PENDAFTARAN SEKOLAH KEJAR PAKET C PKBM Gesit Indonesia - Pendaftaran Homeschooling, Pendaftaran Paket A Paket B Paket C Online Telp/ SMS/ WA: 083813960556


PENDAFTARAN SISWA BARU: · Telah dibuka pendaftaran untuk Tahun pelajaran 2018 – 2019 · Ujian bulan April 2019 · Belajar setiap Sabtu - Minggu kelas pagi 08.00 -13.00; · Peserta belajar datang ke tempat anda mendaftar · Peserta luar kota belajar mandiri, bahan pelajaran kami kirimkan ke tempat anda dan Via Internet/OnLine · Peserta belajar Mandiri ONLine Via Aplikasi Mobile atau PC Kami masih menerima pendaftaran peserta ujian sampai hari ini. Silahkan mendaftar secepatnya (hari libur pendaftaran buka). (Izin Penyelenggaraan PKBM Wong Sing Gesit) klik disini (Sertifikat NPSN PKBM Wong Sing Gesit) klik disini SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN - Usia Peserta tidak dibatasi (BEBAS USIA). KEJAR PAKET A (SD) (*) Mengisi Formulir Pendaftaran di tempat pendaftaran atau (Daftar Online disini) (*) 5 lembar fotocopy Akte Kelahiran. (*) Foto Ukuran 3…