Langsung ke konten utama

Tutorial Online PKBM Gesit Cyberschool Tangsel





Tutorial Online PKBM Gesit Cyberschool























Apa beda pembelajaran tatap muka dan pembelajaran tutorial ?

Seperti yang diatur dalam standar proses pendidikan kesetaraan,  Perbedaan pokok adalah pada fokus belajar, pembelajaran tatap muka berorientasi pada penyampaian materi sedangkan pembelajaran tutorial berorientasi pada pembahasan materi yang sulit.

Perbedaannya adalah  dalam pembelajaran tatap muka seperti guru sekolah mengajar
 sedangkan tutor dalam pembelajaran tutorial seperti guru bimbingan belajar/les. Prinsip pokok tutorial adalah ‘’kemandirian warga belajar’’ (student’s independency).


 Bagaimanakah bentuk pembelajaran tutorial yang sesungguhnya di pendidikan kesetaraan (PKBM) ?
 Secara umum pembelajaran tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada warga belajar (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri warga belajar secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. tutorial merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri warga belajar dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak pembelajar/tutor.


 Pembelajaran tutorial dapat dilaksanakan secara tatap muka atau secara jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri. Konsep belajar mandiri dalam tutorial dibedakan dengan bentuk pembelajaran mandiri sebagaimana diatur dalam standar isi dan standar proses program pendidikan kesetaraan. 

 Berdasarkan standar proses pendidikan kesetaraan pembelajaran tutorial adalah berbasis menyelesaian masalah-masalah yang sulit, atau lebih praktis lagi pembelajaran tutorial berbentuk latihan soal atau drill soal. Tutorial disediakan bagi warga belajar yang membutuhkan bimbingan untuk pencapaian kompetensi tertentu atau bimbingan lain yang menunjang pencapaian kompetensi, termasuk praktek keterampilan.



Peran utama tutor dalam tutorial adalah 

  1. Pemicu dan pemacu kemandirian belajar warga belajar, berpikir dan berdiskusi; 
  2. Pembimbing, fasilitator, dan mediator warga belajar dalam membangun pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan akademik dan profesional secara mandiri, dan/atau dalam menghadapi atau memecahkan masalah-masalah dalam belajar mandirinya; 
  3. Memberikan bimbingan dan panduan agar warga belajar secara mandiri memahami mata pelajaran; 
  4. Memberikan umpan balik kepada warga belajar secara tatap muka atau melalui alat komunikasi; memberikan dukungan dan bimbingan, termasuk memotivasi dan membantu warga belajar mengembangkan keterampilan belajarnya

Ada empat modus tutorial, yakni: 
  1. tutorial tatap muka (TTM);
  2.  tutorial tertulis (tutis) lewat surat-menyurat/krespondensi; 
  3. tutorial elektorik (tutel) lewat televisi, radio, media massa, dan internet; dan
  4.  tutorial online (tuton) lewat internet. Dalam konteks pembelajaran pendidikan kesetaraan, modus tutorial biasanya berbentuk tutorial tatap muka. Artinya tutorial dilaksanakan secara dengan bertatap-muka antar warga belajar bersama dengan tutor. Dengan demikian pembelajaran tutorial juga terjadwal sebagaimana pembelajaran tatap muka, karena pelaksanaan tutorial tatap muka juga menuntut kehadiran warga belajar di tempat pembelajaran.

Pembelajaran tutorial dapat berbentuk online, selama menggunakan daring sinkronus. Artinya antara tutor dan warga belajar dapat berinteraksi langsung (online) pada saat itu juga. 
Pembelajaran Tutorial PKBM Gesit Tangsel dengan sistem Online


Dalam hal ini tutor dapat mencatat kehadiran warga belajar dengan mengetahui notifikasi bahwa warga belajar sedang online mengikuti pembelajaran tutorial. Interaksi yang terjadi bisa menggunakan teleconference atau chatting.

Pembelajaran tutorial dapat dilaksanakan secara klasikal atau dibagi dalam kelompok.






Referensi : http://fauziep.com/mengemas-pembelajaran-tutorial-pada-pendidikan-kesetaraan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungi Kami

Hubungi Kami: PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)  GESIT Wong sing Gesit Education Center Tangsel  Community Learning Center





ALAMAT: PKBM Gesit 1- Perumahan Griya Jakarta Jl. Menteng Raya Blok B2 no 19 Pamulang Tangerang Selatan
PKBM Gesit Zamrud:
Alamat: Jl. Elang IV No.61, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 Telepon: 0838-1396-0556
Website: http://wongsinggesit.blogspot.co.id/ https://sekolah-paket-abc-pkbm.blogspot.co.idhttps://pkbmgesit.blogspot.co.id/
Untuk Info dan Pendaftaran Call/SMS/WhatsApp: 081284681972,  083813960556


PETA LOKASI PKBM GESIT TANGSEL:

Kursus Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School Tangsel

Apa yang di pelajari di kelas Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School?

Sinematografi adalah keterampilan dan Seni

Sinematografi sebuah keterampilan yang membutuhkan waktu sepanjang hayat  untuk untuk dikuasai dan . sinematografi adalah keterampilan yang terus  berubah dan berkembang sesuai perkembangan jaman.


 Perubahan didorong oleh produk baru, teknologi baru, dengan  mempraktikkan keterampilan. Seperti semua keterampilan dan keahlian  ada fakta dan formula; "ilmu" untuk belajar. Dan ada "seni", sesuatu yang menyenangkan dan  membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar.
Kursus ini dirancang untuk mengeksplorasi kemampuan siswa dalam hal estetika, teknik, dan teknologi sinematografi dan bagaimana praktek nya di industri televisi dan film. 

Beberapa topik studi akan mencakup:
 (1) gaya dan tampilan karya kamera hadir di film dan televisi
(2) gaya, estetika, dan teknik beberapa genre dan karakteristik pembeda mereka
(3) komposisi, gerakan, dan pembingkaian
(4) kam…

Pelajaran Sinematografi Film dan Fotografi

Apakah Sinematografi?
Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita).
Sinematografi memiliki objek yang sama dengan fotografi yakni menangkap pantulan cahaya yang mengenai benda. Karena, objeknya sama maka peralatannya pun mirip. Perbedaannya, peralatan fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi menangkap rangkaian gambar.


Penyampaian ide pada fotografi memanfaatkan gambar tunggal, sedangkan pada sinematografi memanfaatkan rangkaian gambar. Jadi sinematografi adalah gabungan antara fotografi dengan teknik perangkaian gambar atau dalam sinematografi disebut montase (montage).

Pengertian Film
Film adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie. Film, secara kolektif, sering disebut sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak. Film juga sebenarnya merupakan lapisan-la…