Langsung ke konten utama

PERAN PENTING PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional.


Fungsi PKBM dalam Masyarakat 
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM memiliki peranan, antara lain: Sebagai fasilitator bagi masyarakat golongan tidak mampu untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas, sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat, dan sebagai pusat pelayanan dan sumber informasi. Diharapkan eksistensinya dapat mendukung program pemerintah dalam upaya menuntasan wajar 9 tahun guna peningkatan sumber daya manusia yang berpendidikan dan memiliki taraf hidup yang lebih baik

Peran PKBM memerangi angka putus sekolah sangatlah strategis. Sebab PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) sebagai jalur pendidikan non formal dan informal diselenggarakan. Paket A/B/C adalah program kesetaraan yang diselenggarakan di bawah naungan PKBM. Ujian kesetaraan yang dilakukan PKBM mampu mengurangi angka putus sekolah.



Peran pemerintah dalam rangka mengurangi beban putus sekolah sangat besar perhatianya, Anggaran APBN mencapai 286 trilyun. Hal ini akan disalurkan untuk pendidikan formal dan non formal. Namun tidak semua PKBM mendapatkan dana operasional. Meski demikian, PKBM tetap berupaya melayani siswa/i yang ingin belajar dan ujian, agar memiliki kesetaraan atau eligibilitas dengan sekolah umum/formal.



Putus Sekolah
Berdasarkan Kementerian Pendidikan Nasional di 2008, setiap tahunnya 1,5 juta remaja tidak dapat melanjutkan sekolah. Bahkan pada 2010, jumlah anak jalanan untuk daerah Jakarta saja sudah mencapai 4.000 anak (Bappenas).
Di Kota Tangerang Selatan Jumlah siswa putus sekolah peserta didik PKBM  tahun 2018 kurang lebih 3000 siswa (dapodik)

Sementara itu, data tahun 2009 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menunjukkan bahwa jumlah anak putus sekolah SD rata-rata 600.000 hingga 700.000 siswa per tahun. Sementara itu, jumlah anak putus sekolah SMP rata-rata 150.000 sampai 200.000 orang siswa setiap tahun.

Data BKKBN, di lain pihak, menyebut jumlah anak-anak putus sekolah tahun 2009 meningkat pesat dibandingkan jumlahnya pada 1996. Pada 1996, terdapat 1,7 juta siswa putus sekolah, sedangkan pada 2009, mencapai 11,7 juta siswa. Sebagian besar anak-anak tersebut berusia antara 7 hingga 15 tahun.

Dari berbagai laporan kita bisa melihat angka putus sekolah cukup tinggi, pengangguran di tingkat pelajar dan anak remaja yang putus sekolah menjadi persoalan yang perlu segera dikurangi.

Postingan populer dari blog ini

Sekolah Paket untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya

Telah di buka kelas baru untuk Kelompok belajar Sekolah Paket untuk Area Tangerang Selatan Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya.

SEKOLAH KESETARAAN
MENERIMA PENDAFTARAN SISWA BARU ( PERSIAPAN UJIAN )
PAKET A ( SETARA SD ) - PAKET B ( SETARA SMP ) - PAKET C ( SETARA SMU )

Telah dibuka Kelompok Belajar Sekolah Paket ABC
 untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnya.

Untuk calon siswa siswi yang berada di daerah tangerang selatan dan sekitarnya seperti Ciputat, sawah baru, jombang, sarua, Pondok ranji, rempoa, pisangan, cirendeu, cempaka putih,  pamulang, benda, pondok cabe, kedaung, pondok aren, pondok betung, jurang mangu, pondok kacang barat, pondok kacang timur, perigi lama, perigi baru, pondok pucung, serpong, bsd, ciater, cilenggang, rawa buntu, lengkong, aeon, mall alam sutera, living world, teras kota, eka hospital, giriloka, pondok jagung, paku jaya, pakulonan,  setu, muncul, ciseeng, gunung putri, parung, muncul, kabupaten bo…

Kisi kisi UN Paket B dan Paket C 2019

Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya …

PENDAFTARAN SEKOLAH KEJAR PAKET C (SMA IPA/IPS)

PENDAFTARAN SEKOLAH KEJAR PAKET C PKBM Gesit Indonesia - Pendaftaran Homeschooling, Pendaftaran Paket A Paket B Paket C Online Telp/ SMS/ WA: 083813960556


PENDAFTARAN SISWA BARU: · Telah dibuka pendaftaran untuk Tahun pelajaran 2018 – 2019 · Ujian bulan April 2019 · Belajar setiap Sabtu - Minggu kelas pagi 08.00 -13.00; · Peserta belajar datang ke tempat anda mendaftar · Peserta luar kota belajar mandiri, bahan pelajaran kami kirimkan ke tempat anda dan Via Internet/OnLine · Peserta belajar Mandiri ONLine Via Aplikasi Mobile atau PC Kami masih menerima pendaftaran peserta ujian sampai hari ini. Silahkan mendaftar secepatnya (hari libur pendaftaran buka). (Izin Penyelenggaraan PKBM Wong Sing Gesit) klik disini (Sertifikat NPSN PKBM Wong Sing Gesit) klik disini SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN - Usia Peserta tidak dibatasi (BEBAS USIA). KEJAR PAKET A (SD) (*) Mengisi Formulir Pendaftaran di tempat pendaftaran atau (Daftar Online disini) (*) 5 lembar fotocopy Akte Kelahiran. (*) Foto Ukuran 3…