Langsung ke konten utama

6 hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang Alibaba

Belakangan ini ranah bisnis dan teknologi diramaikan dengan IPO(Initial Public Offering) – atau penjualan saham ke publik – Alibabayang merupakan IPO terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Nilai IPO yang diperkirakan mencapai USD 25 miliar (sekitar Rp 300,1 triliun) ini bahkan mengalahkan IPO Facebook pada tahun 2012 silam, yang sebesar USD 16 miliar (sekitar Rp 192,1 triliun). Namun, banyak orang yang mungkin tidak tahu tentang perusahaan internet terbesar di China ini – atau mereka mungkin lebih tahu tentang Ali Baba yang lain (cerita dongeng anak-anak). Kali ini, Tech in Asia merangkum enam fakta menarik tentang Alibaba:

1. Didirikan oleh mantan guru bahasa Inggris

Jack Ma
Alibaba didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan 17 rekannya. Ia merupakan tokoh penting di balik kesuksesan Alibaba, bahkan semacam pemimpin ‘spiritual’ bagi perusahaan ini. Sejak kecil, Jack Ma mempunyai ketertarikan yang besar terhadap Bahasa Inggris dan akhirnya menempuh pendidikan di Hangzhou Teacher’s Institute untuk mendapat gelar sarjana bahasa Inggris. Sebelum memutuskan untuk mendirikan perusahaan internet, Jack Ma pernah bekerja sebagai guru bahasa Inggris dan membuat perusahaan layanan dalam bidang terjemahan.
Meskipun saat ini sudah tidak menjabat sebagai CEO, Jack Ma masih mempunyai kontrol pada perusahaan ini dan bertindak sebagai executive chairman. Dengan Alibaba, Jack Ma kini merupakan salah satu orang paling kaya di China.

2. Mengalahkan Amazon

alibaba vs amazon
Dengan nilai IPO sekitar USD 25 miliar, Alibaba akan mempunyai kapitalisasi pasar sekitar USD 165 miliar. Angka tersebut melampaui kapitalisasi pasar Amazon yang sekitar USD 152,4 miliar. Denganmenyalip Amazon, Alibaba akan menjadi perusahaan internet terbesar ketiga di dunia, di belakang Google dan Facebook.
Baca juga: Setelah IPO, Alibaba akan menjadi perusahaan internet terbesar ketiga di dunia dan mengalahkan Amazon

3. Menyelamatkan Yahoo

jack-ma-marissa-mayer
Yahoo mempunyai sekitar 23 persen saham di Alibaba. Dengan kepemilikan saham ini, Alibaba bisa dibilang menjadi salah satu sumber pendapatan Yahoo. Menariknya, pendapatan Alibaba di kuartal terakhir 2013 dua kali lipat lebih besar dari pendapatan Yahoo. Bantuan revenue dari Alibaba memungkinkan Yahoo untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan internet lain dan terus bertumbuh. Ya, bisa dibilang bahwa Alibaba menyelamatkan Yahoo.

4. Membeli klub sepak bola

Tianhe_Stadium
Sumber: Wikimedia Alexchen4836
Alibaba punya hampir semua hal, mulai dari marketplacesearch engine, e-payment, aplikasi chatting, media hiburan, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut mungkin wajar jika dimiliki sebuah perusahaan internet, tapi bagaimana dengan memiliki sebuah klub sepak bola? Ya, pada Juni lalu, Alibaba membeli 50 persen saham di salah satu klub sepak bola ternama di China Guangzhou Evergrande F.C. seharga USD 192 juta. Klub yang menjadi juara liga domestik China ini dilatih oleh mantan pelatih tim nasional Italia Marcello Lippi.

5. Film Crocodile in the Yangtze

Kisah tentang perjalanan Jack Ma mendirikan Alibaba dari sebuah apartemen kecil miliknya hingga kini menjadi perusahaan internet ternama di China ditampilkan dalam sebuah film dokumenter berjudulCrocodile in the Yangtze. Film dokumenter berdurasi sekitar 75 menit ini disutradarai oleh Porter Erismen, mantan vice president di Alibaba yang bekerja selama 10 tahun di perusahaan ini. Crocodile in the Yangtze memenangkan beberapa penghargaan seperti pemenang di Silicon Valley film festival dan pemenang Audience Award San Fransisco di United film festival.
Baca juga: 7 film dan serial TV yang dapat menginspirasi Anda dalam membangun sebuah startup

6. Alimama

Jack Ma menamai perusahaan internetnya “Alibaba” bukan tanpa alasan. Suatu hari ketika ia berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco dan mulai mendapatkan ide nama Alibaba, ia bertanyakepada pramusaji, “Apakah kamu tahu tentang Alibaba?” Pramusaji menjawab, “Ya.” Jack Ma kembali bertanya, “Apa yang kamu ketahui tentang Alibaba?” “Alibaba dan 40 pencuri”, jawabnya. Sontak Jack Ma berkata, “Ya, ini namanya!” Jack Ma kemudian bertanya kepada beberapa orang tentang Alibaba, dan semua orang tahu tentang itu. Ia mengambil nama Alibaba karena nama itu banyak diketahui orang, mudah diingat, dan mencerminkan sosok entrepreneur yang baik hati, cerdas, dan membantu orang-orang tidak mampu.
Secara kebetulan, kata “baba” berarti ayah dalam bahasa China. Jack Ma akhirnya juga mendaftarkan nama “Alimama” sebagai pasangan Alibaba. Akhirnya, nama tersebut dipakai setelah Alibaba Group mendirikan sebuah platform marketing online bernama Alimama.
(Diedit oleh Bambang Kartika)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungi Kami

Hubungi Kami: PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)  GESIT - Wong sing Gesit Education Center - Tangsel  Community Learning Center
- Gesit Cyber School





ALAMAT:

Gesit Cyber School, Menara 165 Lt.4 Jln TB Simatupang Kav1. Cilandak Jakarta Selatan PKBM Gesit 1- Perumahan Griya Jakarta Jl. Menteng Raya Blok B2 no 19 Pamulang Tangerang SelatanPKBM Gesit Zamrud:  Alamat: Jl. Elang IV No.61, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 Telepon: 0838-1396-0556
Website: http://wongsinggesit.blogspot.co.id/ https://sekolah-paket-abc-pkbm.blogspot.co.idhttps://pkbmgesit.blogspot.co.id/
Untuk Info dan Pendaftaran Call/SMS/WhatsApp: 
083813960556


PETA LOKASI PKBM GESIT TANGSEL:

Kursus Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School Tangsel

Apa yang di pelajari di kelas Film Cinema dan Fotografi PKBM Gesit School?

Sinematografi adalah keterampilan dan Seni

Sinematografi sebuah keterampilan yang membutuhkan waktu sepanjang hayat  untuk untuk dikuasai dan . sinematografi adalah keterampilan yang terus  berubah dan berkembang sesuai perkembangan jaman.


 Perubahan didorong oleh produk baru, teknologi baru, dengan  mempraktikkan keterampilan. Seperti semua keterampilan dan keahlian  ada fakta dan formula; "ilmu" untuk belajar. Dan ada "seni", sesuatu yang menyenangkan dan  membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar.
Kursus ini dirancang untuk mengeksplorasi kemampuan siswa dalam hal estetika, teknik, dan teknologi sinematografi dan bagaimana praktek nya di industri televisi dan film. 

Beberapa topik studi akan mencakup:
 (1) gaya dan tampilan karya kamera hadir di film dan televisi
(2) gaya, estetika, dan teknik beberapa genre dan karakteristik pembeda mereka
(3) komposisi, gerakan, dan pembingkaian
(4) kam…

Bimtek Akreditasi Online dan Peningkatan Sarana PKBM PAUD DIkmas Tangsel

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Tangerang Selatan tahun 2019  mengundang  kurang lebih 150 lembaga PAUD PKBM dan LPK hadir dalam  Bimbingan teknis (Bimtek)  hari Rabu, 14 Februari 2018 jam 08;00 sd jam 16:00 di gedung DRN gedung 123 Puspitek Serpong



Bimtek dilaksanakan sehubungan dengan akan dilaksanakannya program kegiatan peningkatan sarana dan Prasarana PAUD dan Pendidikan non formal  sub kegiatan Bimtek akreditasi lembaga formal dan Non formal kota Tangerang selatan.



Dalam acara tersebut juga di hadiri pengawas TK dan Penilik,  pejabat Badan Akreditasi Povinsi (BAP) PAUD PNF Banten, serta hadir 18 orang  asesor yang berasal dari kota tangerang Selatan




     PEMANFAATAN DAPODIK PADA SISTEM PENILAIAN AKREDITAS (SISPENA)

  Video Tutorial Sispena PAUD dan PNF