Langsung ke konten utama

:: FAQ

Frequently Asked Question- Pertanyaan Seputar Homeschooling Gesit Cyberschool

  • Sekolah rumah atau Homeschooling adalah metode pendidikan alternatif (Informal) yang dilakukan di rumah, di bawah pengarahan orangtua atau tutor pendamping, dan tidak dilaksanakan di tempat formal lainnya seperti di sekolah negeri, sekolah swasta, atau di institusi pendidikan lainnya dengan model kegiatan belajar terstruktur dan kolektif.
  • Homeschooling adalah model pembelajaran di rumah dengan orang tua sebagai guru utama dan bisa juga mendatangkan guru pendamping atau tutor untuk datang ke rumah. Homeschooling juga bukan berarti kegiatannya selalu dilaksanakan di rumah, siswa dapat belajar di alam bebas baik di laboratorium, perpustakaan, museum, tempat wisata, dan lingkungan sekitarnya. Tetapi inti dari homeschooling tetap yaitu model pendidikan yang dilaksanakan di rumah dengan orang tua sebagai guru utama.
  • Para orangtua memiliki sejumlah alasan yang membuat mereka memilih model pendidikan homeschooling untuk anak-anak mereka. Tiga alasan yang kebanyakan dipilih oleh orangtua: adalah masalah mengenai lingkungan sekolah, untuk lebih menekankan pengajaran agama atau moral, dan adanya ketidaksetujuan orang tua terhadap pengajaran akademik di sekolah formal.
    Alasan ikut Homeschooling Gesit Cyber School komunitas PKBM Wong Sing Gesit antara lain; Guru pembimbing, profesional, ramah dan menyenangkan, bisa privat dan datang ke rumah, kelompok belajar nya ada dimana-mana dan Flexibel bagi siapa saja bisa belajar online jarak jauh via Online kapan saja dan dimana saja
    Adalah suatu sekolah yang hampir semua layanannya dilakukan di dunia mya, mulai dari buku elektronik, guru elektronik, laboratorium virtual, tatap muka video call tele confference, termasuk juga evaluasi online. Tidak semua dilakukan di dunia maya. Para siswa bisa copy darat dengan para tutor dan teman-temannya, secara terkoordinir dengan arah yang jelas.
  • Homeschooling Gesit Cyberschool sebagai sekolah alternatif pilihan terbaik bagi anda maupun putra-putri anda, yang terpercaya dengan sistem belajar mengajar yang efisien, murah dan efektif, serta flexibel berbasis Multimedia Digital Learning yang menjangkau warga belajar tanpa di batasi jarak, ruang dan waktu.
  • Siswa Homeschooling Gesit Cyber School sudah tersebar di beberapa negara antara lain: China, Prancis, Jepang, Korea, Swiss, Indonesia, Turki, Arab Saudi dll.

  • UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia : Pasal 31 Ayat (1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Ayat (2), Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan menengah
  • Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional : UU No. 20 / 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional Pasal 27: Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Hasil Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1) diakui sama
  • Yayasan Sang Krisna Duta, Akta Notaris DEBY DARUS SH, M.Kn. No. 19
  • SK. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-
  • Ijin operasional pendidikan non formal PKBM Wong Sing Gesit No. 423.8/40-DPMPTSP/2017
  • No NPSN PKBM Wong Sing Gesit= P9968114 http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=P9968114
  • Membantu Pemerintah melaksanakan program wajib belajar 12 tahun. Membantu orang tua dan siswa mengambil program wajib belajar 12 tahun lewat jalur alternatif diluar sekolah Formal, tetap dapat bersekolah walaupun mempunyai keterbatasan tidak dapat hadir secara fisik ke sekolah formal karena alasan tertentu.
    Dengan system Online, Materi Bisa di pilih Kurikulum KTSP : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan Kurikulum 2013 disamakan sama dengan yang digunakan sekolah formal.
    Sistem dan Kegiatan belajar Komunitas Homeschooling Gesit Cyberschool antara lain:
  • Belajar Mandiri Distance Learning / Jarak Jauh, dapat via offline dan online, dimana anak belajar secara mandiri di rumah, biasanya didampingi oleh orang tua secara pribadi atau pengajar private yang di tunjuk oleh orang tua.
  • Gesit Cyber School Online 24 jam dengan Google Classroom dan Quipper untuk siswa Distance Learning (belajar jarak jauh) d/a Menara 165 Jl. TB Simatupang Jakarta Selatan Banten.
  • Kelompok Belajar PKBM Wong Sing Gesit Pamulang Setiap hari Rabu dan Jumat dan Sabtu Jam 9.00 – 13.00 di Perumahan Griya Jakarta Pamulang, Jalan Menteng Raya Blok B2 no 19 Pamulang Tangerang Selatan Banten
  • Kelompok Belajar Gesit Zamrud Setiap Minggu Jam 9.00 – 13.00 di Pondok Pesantren Zamrud Jalan Elang IV Ciputat Tangerang Selatan Banten.
  • Modul belajar online dari Quipper school dan Buku Paket Kurikulum KTSP 2006 dari BSE Pustekom, Sesuai dengan Badan Standard Nasional Pendidikan diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
    DVD Tutorial/USB : berisi video pelajaran dari buku kurikulum KTSP. Lengkap untuk 1 tahun ajaran masing – masing kelas atau tingkatan, sebagai guru private siswa pembelajar mandiri.
    Pendaftaran masuk bisa kapan saja dan bisa dimana saja, secara online : Silahkan klik http://gesit.sch.id/registration/
    atau datang ke alamat kelompok belajar kami PKBM Wong Sing Gesit, silahkan klik https://pkbmwongsinggesit.wordpress.com/kontak/

  • Mengisi Form Registrasi di menu Klik Registrasi
  • Mengirimkan Fotocopy Akte Kelahiran, KK dan KTP Orang Tua
  • Mengirimkan Scan Foto & Fotocopy Ijasah Khusus SMP dan SMA
  • Data siswa dikirimkan ke email : pkbmgesit@gmail.com
  • Untuk NISN siswa akan diurus pada saat kelas 6 SD

  • Siswa pindahan dari sekolah lain ke Homeschooling Gesit menambah data Fotocopy Rapor dari awal semester yang dikeluarkan dari sekolah Asal.
  • Siswa Homeschooling Gesit yang akan pindah ke institusi formal atau non formal berkas yang akan diberikan hanya surat Pengantar Keterangan Sekolah dan Legalisir Rapor dari Homeschooling Gesit
  • Berkas Surat Pengantar Keterangan Sekolah dan Legalisir Rapor tidak dikenakan biaya apapun
  • Jika ada permintaan berkas tambahan lainnya akan dikenakan biaya administrasi sebesar biaya administrasi dan modul tahunan sesuai jenjang pendidikan SD/SMP/ SMA seperti yang tertera pada menu registrasi siswa.

  • Mempunyai NISN : Nomer Induk Siswa Nasional ( jika belum mempunyai akan dibuatkan)
  • Mempunyai . KK, Akte Kelahiran, dan Ijasah Kelulusan Khusus SMP dan SMA
  • Lulus verifikasi menjadi peserta Ujian Nasional SD/SMP/SMA
  • Mengikuti Try Out dan Simulasi Ujian Nasional yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUD
  • Mengikuti dan hadir pada pelaksanaan Ujian Nasional
  • Pendaftaran NISN, Ujian Nasional, Ijasah Kelulusan , SKHUN ( Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ) dan Legalisir diurus dan diproses oleh Gesit Cyber School .
  • Bisa, Ijasah SD & SMP dapat digunakan untuk masuk ke sekolah SMP dan SMA formal, dan Ijasah SMA dapat digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, karena dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Setempat.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Kisi kisi UN Paket B dan Paket C 2019

    Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

    Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

    Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

    “Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya …

    JADWAL UNBK Tahun Pelajaran 2018/2019

    JADWAL UNBK PAKET C IPA IPS Thn 2019 


    JADWAL UNBK PAKET B  Thn 2019 


    Tanggal-Tanggal Penting Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2018/2019

    Ujian Nasional SMA/MA sederajat dan SMK/MAK

    1. Sinkronisasi UN SMK/MAK Jumat-Sabtu 22 dan 23 Maret 2019
    2. UN SMK/MAK Senin-Kamis 25-28 Maret 2019
    3. Sinkronisasi UN SMA/MA sederajat= Jumat-Sabtu 29-30 Maret 2019
    4. UN SMA/MA sederajat =Senin, Selasa,Kamis, Senin 1, 2, 4, 8 April 2019


    Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket C/Ulya

    1. Sinkronisasi UN Paket C/Ulya = Kamis 11 April 2019
    2. UN Program Paket C/Ulya *) =Jumat/Sabtu/Minggu/Senin/Selasa 12/13/14/15/16 April
    2019 (Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menetapkan 4 hari dari 5 hari yang
    disediakan)




    Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha
    1.Sinkronisasi UN Program Paket B/Wustha = Rabu-Kamis 8-9 Mei 2019
    2. UN Program Paket B/Wustha *)Jumat/Sabtu/
    Minggu/Senin 10/11/12/13 Mei 2019
    (Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menetapkan 3 hari dari 4 hari yang disediakan)

    Sekolah Paket untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya

    Telah di buka kelas baru untuk Kelompok belajar Sekolah Paket untuk Area Tangerang Selatan Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnnya.

    SEKOLAH KESETARAAN
    MENERIMA PENDAFTARAN SISWA BARU ( PERSIAPAN UJIAN )
    PAKET A ( SETARA SD ) - PAKET B ( SETARA SMP ) - PAKET C ( SETARA SMU )

    Telah dibuka Kelompok Belajar Sekolah Paket ABC
     untuk Area Ciputat, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Setu dan sekitarnya.

    Untuk calon siswa siswi yang berada di daerah tangerang selatan dan sekitarnya seperti Ciputat, sawah baru, jombang, sarua, Pondok ranji, rempoa, pisangan, cirendeu, cempaka putih,  pamulang, benda, pondok cabe, kedaung, pondok aren, pondok betung, jurang mangu, pondok kacang barat, pondok kacang timur, perigi lama, perigi baru, pondok pucung, serpong, bsd, ciater, cilenggang, rawa buntu, lengkong, aeon, mall alam sutera, living world, teras kota, eka hospital, giriloka, pondok jagung, paku jaya, pakulonan,  setu, muncul, ciseeng, gunung putri, parung, muncul, kabupaten bo…